Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Please Your Translate

Pengikut

Selasa, 23 November 2010

Multiprograming & Multiprocessing

 
   Multiprograming
     
      Merupakan suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer. Bebagi sumber daya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh,dalam satu waktu sebuah program sedang menggnakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Di dalam sistem Multiprograming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi seperti permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya yang telah di muat dalam memory akan di jalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikkan ke program yang telah diinterupsi. Siklus seperti ini diulang sehingga program-program yang telah dimuat memory utamaakan diproses secara bergantian.

      Konsep Multiprogramming dapat dianalogikan dengan pengacara yang tentu saja tidak hanya menangani satu klien. Ketika suatu kasus dari seorang klien sedang menunggu untuk proses pengadilan,.sang pengacara dapat menangani kasusu lain. Dengan cara seprti ini tidak ada waktu yang tersia-siakan (menganggur).

      Mengingat pergantian satu program dan program lain berlangsung dengan cepat. Semua program tampak seperti dijalankan secara serentak.

      Sebelum konsep Multiprogramming  diterapkan, sistem operasi hanya menjalankan sebuah program pada satu waktu.


      Kelemahan sistem Multiprogramming adalah tidak memugkinkan pemakai berinteraksi dengan proses. Segala masukan ditangani melalui kartu kontrol atau disebut juga kartu plong.

Atau dengan kata lain :

Dari namanya, multiprogramming berarti meletakan lebih dari sebuah program di main memory. Cara ini dilakukan dengan membagi main memory menjadi beberapa partisi. Tiap parisi akan menyimpan sebuah program. Foreground partitions akan berisi program dengan prioritas yang lebih tinggi sedang background partitions akan berisi program yang lebih rendah. Multiprograming akan melakukan intruksi-intruksi dari beberapa program secara bersamaan waktu, tetapi memproses sebagian intruksi dari suatu program kemudian memproses sebagian intruksi yang lain dan seterusnya. Tugas dari OS untuk menangani pemindahan (switch) pemrosesan dari program suatu ke program lainnya.



   Multiprocessing
     
      Adalah suatu kemampuan sistem opersi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak. Dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer. Dengan pendekatan seperti ini, sistem operasi dapat mengatur agar sejumlah CPU menjalankan instruksi-instruksi yang berbeda yang terletak dalam sebuah program dalam waktu yang sama.

Atau dengan kata lain :

Multiprsesing berarti lebih dari sebuah prosesor. Suatu sistem computer yang menggunakan cara multiprosesing bilamana menggunakan lebih dari satu CPU. Dengan multiprosesing, instruksi- instruksi dari beberapa program yang berbeda dapat diproses secara serentak bersamaan. Hal ini memungkinkan karma setiap CPU akan memproses sebuah program. Beberapa CPU yang digabungkan mungkin dapan menggunakan sebuan main memory bersamaan atau menggunakan main memory secara terpisah tersendiri. IMB nggunakan istilah tight coupling untuk menggambarkan dua buah CPU yang menggunakan sebuah main memory bersama-sama. Penjadwalan dan penyeimbangan untuk kerja input, proses dan output merupakan tugas dari OS yang tidak mudah untuk sistem ini. Misalnya DPP network dengan beberapa prosesor juga merupakan beberapa contoh dari multiprosesing. Tiap-tiap CPU ditempat lokam mempunyai memory tersendiri dan bertugas mengenai input, output dan pengelolahan di tempat local. Suatu CPU khusus yang dikenal dengan istilah front end processor (dapat berupa computer mikro) bertugas menangani penjadwalan dan pengontrolan semua pekerjaan yang akan masuk ke computer pusat di bawah koordinasi dari OS. CPU di computer pusat bertugas menangani proses yang besar dan rumit yang tidak dapat ditangani oleh computer-komputer local juga di bawah koordinasi dari OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar