Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Please Your Translate

Pengikut

Rabu, 08 Desember 2010

KOMPUTER TERCEPAT DI DUNIA

Komputer Tianhe 1 A buatan China ditetapkan sebagai komputer tercepat di dunia mengalahkan Amerika Serikat dan Jerman. Komputer Tianhe yang mendapat julukan superkomputer memiliki kecepatan 2,57 petaflop. Satu petaflop sama dengan 1000 triliun penghitungan per detik. Jenis komputer ini menduduki peringkat teratas dalam daftar 500 superkomputer dunia.
Pemeringkatan komputer ini dilakukan dua kali dalam satu tahun oleh organisasi komputer internasional. Pengumuman kecepatan superkomputer tersebut dilakukan di pusat komputer nasional China di Tianjin. Tianhe 1 A satu setengah kali lebih cepat dibandingkan saingan utamanya XT5 Jaguar buatan Amerika Serikat dan dapat mencapai kecepatan 2,57 petaflop.
Sementara XT5 Jaguar memiliki kecepatan 1,76 petaflop. Kekuatan superkomputer ini setara dengan kekuatan 175.000 laptop. Tianhe -1 A akan digunakan oleh para ilmuwan di berbagai bidang dan akan dijual ke negara lain. Komputer canggih ini juga dapat digunakan untuk menciptakan simulasi untuk membantu badan meteorologi dan geofisika China dan mendeteksi ladang minyak bawah laut.
Mesin Tianhe-1 di Pusat Supercomputing Nasional di utara kota Tianjin mampu melakukan 2,507 petaflops, setara dengan 2.507 triliun kalkulasi per detik. 

 
Pengumuman prestasi itu telah diposting di situs web penelitian komputer Cina kemarin dan akan dipandang sebagai pukulan yang signifikan terhadap dominasi AS di dunia komputasi bertenaga tinggi. 
Komputer ‘Tianhe’ yang berarti ‘Bima Sakti’, mampu mencapai kecepatan komputasi hingga 2750 trilyun kalkulasi per detik dan menempatkan dirinya di puncak peringkat survei 500 superkomputer yang dilakukan sejumlah ahli asal Jerman dan Amerika Serikat.  Meskipun buatan China, namun suku cadang dan hardware Tianhe berasal dari AS. Salah satu supplier Tianhe adalah perusahaan kartu Grafis ternama Nvidia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar