Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Please Your Translate

Pengikut

Rabu, 08 Desember 2010

Perintah Jaringan Dasar Pada Windows

 Perintah Jaringan Dasar Pada Windows: Saya yakin Anda semua pasti sudah tahu yang namanya Command Promt pada Windows, tampilannya hitam polos, sangat membosankan untuk dilihat. Tapi jangan anggap remeh dengan Command Promt hanya karena tampilannya yang simpel, banyak hal yang bisa dilakukan dari sini, salah satunya adalah memantau jaringan komputer Anda. Berikut ini beberapa perintah jaringan dasar pada windows yang bisa digunakan dalam Command Prompt.

1. ipconfig
Memperlihatkan informasi konfigurasi koneksi, contohnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.
Contoh tampilan setelah mengetikkan ipconfig:
2. ping
Digunakan untuk mencoba jaringan yang sudah ada, apakah sudah terkoneksi dengan baik atau belum. Cara penulisannya adalah ping ip_address atau ping nama_domain.
Contoh:
Pada contoh ini saya mencoba melakukan ping ke situs google.com, bila gambarnya seperti di bawah ini, berarti ada balasan dari google.com dan itu tandanya koneksi sudah berjalan dengan baik.
3. netstat
Akan menampilkan koneksi jaringan, tabel routing, statistic interface, koneksi masquerade, pesan netlink dan anggota multicat.
Contoh:
4. tracert
Untuk memeriksa berapa lama satu paket melewati masing-masing hop ke host yang dituju. Penulisannya adalah netstat ip_address atau tracert nama_domain.
Contoh:
Pada contoh ini, saya melakukan perintah tracert pada ip address 64.233.181.104. hasilnya adalah:
5. ftp
Perintah ftp digunakan untuk memulai koneksi File Transfer Protocol. Penulisannya adalah ftp ip_address atau ftp nama_domain.
Contoh:
Pada contoh ini saya akan melakukan ftp pada domain tombolenter.com.
Itulah beberapa perintah jaringan dasar pada windows, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar